Galeri

Pesugihan Batu Peot

Namanya Yohana, warga keturunan Tionghoa. Ia adalah teman sekelasku waktu duduk di bangku SMP dulu. Orangnya ramah dan banyak disukai teman-teman yang lain. Pergaulannya tidak membeda-bedakan sesama, walaupun dia warga keturunan yang katanya eksklusif. Tidak seperti kebanyakan warga keturunan yang hidupnya mengisolasi diri dari lingkungan sekitarnya. Tidak mau bercampur dengan warga pribumi yang hidup di sekitarnya.

Seolah-oleh Yohana memberi contoh kepada warga keturunan yang lain, bahwa tak ada perbedaan yang harus dipertahankan selama pergaulan itu saling menguntungkan kedua belah pihak. Kendati dia berbeda keyakinan dengan warga lainnya, namun dia rutin tiap Idul Fitri berkeliling besilaturahmi dengan warga Muslim yang dia kenal. Banyak masyarakat memuji pergaulannya dengan sesama manusia. Dan terbukti ketika terjadi tragedi Mei 98, seluruh keluarganya selamat, bahkan dilindungi dari tindak kekerasan.

Pertemuan dengan teman sekelasku itu memang tidak sengaja aku lakukan. Ketika itu, selepas maghrib aku berniat melaminating dan memfoto copy dokumen pembelian tanah dan rumah agar tidak cepat rusak dimakan rayap. Kupacu sepeda motorku di sepanjang jalan H. Kertadibrata yang ramai oleh becak dan motor lain yang hilir mudik.

Tepat di bawah Flay Over aku berpapasan dengan sedan mewah berwarna merah yang datang dari arah Barat, dari Jakarta. Lalu sedan tesebut berbelok ke kanan, searah dengan laju motorku. Kubiarkan sedan mewah itu melaju di depanku, kemudian belok kanan ke jalan Veteran. Aku pun belok kanan, karena toko yang dituju berada di jalan tersebut. Lalu beberapa puluh meter kemudian sedan merah itu berhenti, persis di depan toko yang aku tuju. Kupikir motorku di samping sedan merah itu saja, lalu dari sedan merah itu keluar dua orang laki-laki dan perempuan setengah baya, seumur denganku.

Rasanya aku mengenali perempuan itu. “Bukankah itu Yohana…? Pikirku. Kemudian aku menghampirinya, dan menyapanya sekedar untuk memastikan.

“Ini Yohana…?” Tanyaku.

Sejenak ia menatap wajaku, menerka-nerka.

“Siapa ya…?” Tanyanya balik bertanya.

“Temanmu waktu SMP dulu…” sahutku.

“Ohh… Ujang ya…?” Ujarnya.

Itulah pertemuan yang tidak sengaja dengan teman sekolahku. Ternyata toko yang dijadikan langganan photo copy olehku itu adalah salah satu miliknya. Malam itu dengan ditemani suaminya kami meluangkan waktu berbincang-bincang panjang lebar di ruang belakang tokonya.

Yohana sudah menjadi seorang pengusaha sukses. Tokonya bertebaran se Jawa Barat dan Jakarta. Menyediakan alat-alat perkantoran selain photo copy. Sifatnya yang ramah sejak masa sekolah tidak berubah hingga sekarang. Begitu pun kepada karyawan-karyawati sikap mentang-mentang orang kaya ia buang jauh-jauh. Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah sifat itu yang diterapkan sehari-hari. Begitu pula suaminya, namanya Gunawan orang Singkawang ramahnya tidak kepalang tanggung menyambutku pada malam itu.

Aku tahu kehidupan Yohana sebelum sukses seperti ini. Orang tuanya hanyalah pedagang telor asin buatan sendiri yang dijajakan keliling kampung oleh ibunya. Rumahnya pun berdiri di pinggiran kampung Pacinan, tepatnya di pinggiran kali. Aku tahu keadaan keluarganya, karena hampir tiap hari berangkat dan pulang sekolah aku lewat di samping rumahnya.

Waktu ia menikah dengan Gunawan, aku memenuhi undangannya menghadiri. Selain dirayakan sangat sederhana juga sangat memprihatinkan. Ya, ketika itu musim hujan, sungai meluap merendam rumahnya setinggi lutut. Lalu terpaksa resepsinya dipindahkan ke rumah tetangganya, yang tidak kebanjiran. Dan setelah pernikahan tersebut aku lama sekali tidak melihat dia, mungkin dua puluh tahun lebih. Dan baru sekarang bertemu lagi sudah sama-sama tuanya.

Permulaannya aku hanya sekedar bertanya kiat manajemen kesuksesan usahanya itu, akan tetapi Yohana membeberkan sangat jauh mengungkap rahasia kesuksesannya itu.

“Selain harus tahu peluang, sabar dan transparan harus didukung pula oleh hal-hal yang tidak kamu dapatkan di bangku sekolah, yaitu gaib,” ujar Yohana.

“Maksudmu Ana…?” Tanyaku tidak paham apa yang terakhir diucapkannya.

“Ya… ditunjang oleh sesuatu yang tak kasat mata, kami berdua menyadari sebesar apapun saham kita tanamkan akan habis yang tinggal hanyalah utang-utang tanpa dilindungi oleh hal-hal gaib,” ujar Yohana.

“Maksudmu pesugihan?” Sahutku.

“Ya semacam itulah…. Kamu ingat tidak berapa tahun yang lalu mamahku punya langganan air didorong namanya mang Kosim, yang kaki sebelah kirinya bengkok..?” Tanya Yohana.

Aku merenung mengingat-ingat masa lalu waktu sama-sama duduk di bangku SMP.

“Ingat.. ingat, yang tidurnya di belakang sekolah,” sahutku.

“Betul… Beliau merupakan sosok pahlawan bagi keluarga besar kami, dia mengembara hampir seputar Indonesia dan akhirnya menetap sampai di sini. Beliau dari Jawa TImur asalnya,” papar Yohana.

Selanjutnya Yohana menerangkan, bahwa antara dirinya dengan Mang Kosim mengadakan perjanjian tak tertulis tidak ada saksi, hanya mereka yang tahu. Isi perjanjian itu adalah. “Seluruh kebutuhan hari tua Mang Kosim akan dipenuhi oleh keluarga Yohana termasuk tempat tinggal, bila benda berupa batu hitam sebesar kepalan tangan mirip buah jeruk mengkerut itu memang ada khasiatnya untuk mendongkrak bisnis Yohana ketika itu.”

Dan untuk membuktikan bahwa batu itu bukan batu sembarangan, beliau mengadakan ritual dengan disaksikan Yohana dengan suaminya.

Tidak memerlukan persyaratan yang rumit, ya hanya sebatang hio yang dibakar prosesi ritualpun dilakukan. Awalnya Yohana tidak percaya bahwa hanya sebuah benda dihuni hal-hal yang mustahil ada, seperti makhluk-makhluk yang tak kasat mata bisa masuk ke dalam benda padat. Kedua suami istri dalam diliputi ketegangan saat Mang Kosim merapalkan mantra-mantra dalam bahasa Jawa yang tidak mereka pahami apa artinya. Selang beberapa menit kemudian dari batu mengkerut yang diletakkan di atas mangkok itu keluar asap putih membumbung setinggi dua meter. Lalu perlahan namun pasti membentuk siluet postur tubuh manusia, dan akhirnya tampak sosok perempuan cantik berambut panjang telah berdiri di hadapan mereka.

“Ada apa kisanak tiba-tiba memanggil aku?” Tanya wanita itu dengan suara yang lembut.

“Maaf sebelumnya Nyai, hamba telah lancang memanggil Nyai, maksudnya tiada ingin mengenalkan majikan hamba dan sekaligus pengurus Nyai dengan imbalan kemakmuran hidup dan usahanya,” papar mang Kosim sambil menunjuk dengan ibu jari ke arah Yohana dan suaminya. Yohana tertunduk dengan jantung yang tak beraturan detaknya, begitu pula suaminya.

“Aku tidak keberatan asal sanggup memenuhi kebutuhanku setiap tahunnya,” ujar sosok wanita jelmaan dari batu mengkerut itu dan selanjutnya Yohana lebih banyak menyebutnya ‘Batu peot’.

“Kebutuhan apa yang Nyai minta, bukankah Nyai tidak meminta apapun kepadaku?” Tanya Mang Kosim heran.

“Itu karena kamu pun tidak meminta apapun kepadaku,” sahutnya.

Memang selama batu peot itu berada di tangannya, Mang Kosim tidak minta harta duniawi atau yang berhubungan dengan kemakmuran dunia. Dia tulus memelihara dan memulasara keberadaan batu peot itu semenjak mang Kosim dapatkan hasil bertapa di kaki gunung Karang beberapa tahun yang silam.

“Sekarang katakan apa yang Nyai minta sebagai syaratnya?” Tanya Mang Kosim penasaran.

“Aku minta tiap tahunnya dua kodi kain batik, lalu bagikan kepada yang berhak, fakir miskin,” pinta makhluk gaib penghuni batu peot itu.

Semenjak malam itulah batu peot berpindah tangan ke tangan keluarga Yohana. Dan hidup Mang Kosim dijamin oleh Yohana, lalu dibelikan sebuah rumah yang tidak jauh dengan rumah kedua orang tuanya di kampung Pacinan.

Memang sangat terasa khasiat dari batu peot itu, bisa mendongkrak pesat bisnisnya yang sedang dilakukan bersama suaminya. Semula hanya satu toko di jalan Veteran itu yang ia miliki, lalu seiring waktu berjalan melakukan ekspansi ke luar kota. Dan menurut pengakuannya sekarang sudah seratus lebih toko alat-alat kantor dan photo copy menyebar di Jawa Barat dan Jakarta. Ia berencana tahun ini akan membuka lagi beberapa tokonya di Jawa Tengah dan TImur.

Dan yang membuat aku terperangah dengan kebaikannya itu, yakni sekarang sudah ratusan kodi kain batik tiap tahunnya yang Yohana bagi-bagikan kepada fakir miskin. Dan tidak melupakan mendiang Mang Kosim yang sudah membuka jalan kemakmuran hidup keluarganya. Tiap tahun ia ziarah ke makamnya dengan didampingi seorang ustadz untuk berdoa secara Islam.

Sekembalinya ke rumah aku merenungkan dan mendoakan temanku itu agar jangan sampai keluar dari jalur agama yang dianutnya. Menyembah benda yang dijadikan pegangan jalan hidupnya, semoga…

sumber

Iklan

9 comments on “Pesugihan Batu Peot

  1. Ping-balik: Pesugihan Batu Peot | amrillmartapuraa

  2. Pesugihan dana hibah mendengar dana hibah banyak orang akan berkata bahwa itu musryik. tapi sebenarnya dana hibah itu adalah bantuan dari mahkluk yang tidak kasat mata yang memang kita mintai pertolongan dengan syarat apabila kita sudah terlepas dari himpitan ekonomi kita akan mengembalikan kepada yang berhak yaitu kaum dhuafa. Atas saran dari beberapa orang yang telah kami bantu dan telah mendengar bahwa banyak orang yang telah tertipu dengan kata-kata manis mereka, nanti anda akan membaca kesaksian dari orang yang telah kami bantu.
    Pesugihan kami ini sering disebut pesugihan raden, karena penghubung anda nantinya dengan jin kaya raya hanya Raden Hadinata, banyak yang berani mengatakan pesugihan dana hibah terima jadi,anda hanya tinggal duduk manis dan mendengar serta menerima hasilnya jika tidak berhasil uang akan kami kembalikan 5kali lipat, namun ternyata dana hibah tidak dapat dan mahar juga tidak kembali yang ada anda tinggal gigit jari.
    Untuk mencari/meminta dana hibah tidak bisa hanya paranormal itu sendiri tetapi juga anda selaku peminta dana hibah juga harus ikut ritual di rumah anda, sekalipun paranormal itu sudah benar-benar sakti. apalagi yang cuma paranormal jadi-jadian.
    Dana hibah akan benar-benar datang bagi mereka yang meminta dengan tulus dan mempergunakannya di jalan yang di ridhoi Allah, seperti untuk melunaskan hutang-hutang, membiayai saudara yang sakit, dan untuk menambah modal usaha.
    Syarat untuk mengikuti pesugihan kami yaitu
    1.tidak sakit jantung karena yang datang adalah sosok makhluk nyata
    2. sanggup bertirakat/berzikir selama 1 jam hari pertama
    3. sanggup bertirakat/berzikir selama 2 jam hari kedua
    4. sanggup bertirakat/berzikir selama 3 jam hari ketiga
    5. sanggup menjalankan perintah dari saya ( perintahnya bukan untuk transfer uang lagi dengan alasan kami kekurangan biaya untuk mahar)
    6. Yakinkan diri dan memang benar-benar membutuhkan dana itu
    kami akan membantu anda untuk mengantar si empunya kekayaan untuk hadir membantu anda jadi anda tidak perlu takut dan memikirkan yang aneh-aneh ( wajah seram, badan seram dll). jadi apabila dipersentasikan anda ikut bekerja sekitar 6% yang 94% lagi kami, karena anda sanggup dan mampu bertiraqkat. kemampuan anda dan kesnggupan anda bertirakatlah nanti yang akan melepaskan anda dari himpitan ekonomi
    berikut adalah jenis pesugihan yang ada pada kami :

    Mahar Rp.2 juta untuk dana hibah Rp.400.juta
    Mahar Rp.3 juta untuk dana hibah Rp.600 juta
    Mahar Rp.4 juta untuk dana hibah Rp.1M
    Mahar Rp.5 juta untuk dana hibah Rp.1,5M
    Mahar Rp.8 juta Untuk dana hibah Rp.3M

    dan untuk dana hibah diatas 3M mahar kesepakatan, kami tidak berani mengatakan jika tidak berhasil mahar kembali 5kali lipat tapi apabila tidak berhasil kami akan mengembalikan mahar anda setelah dipotong Rp.111.000.kami tidak pernah menyarankan anda untuk mengikuti ritual pesugihan, tapi jika memang anda merasa tidak ada jalan lain yang dapat membantu anda. kami bersedia membantu anda
    apabila anda ingin berkonsultasi berikut nomor hp kami. Raden Hadinata 085326966565. nomor hp diatas adalah nomor hp raden sendiri, sebelum berkonsultasi harap kirim nama lengkap,alamat dan ttl lengkap.

    • INFOTUYULMESIR: tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (NAMA) sudah Memberikan Minyak khusu bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
      orang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 5Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari’nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
      SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
      1. SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU 1 TAHUN
      SISTEM KONTRAK TUYUL SPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 1 TAHUN
      &PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 20Jt DALAM 1 HARI.
      2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 MILIAR
      HANYA SEHARGA 1,7 MILIAR
      Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul MESIR silahkan
      TLP :
      082361234469
      (MBA CANRA)
      Info selengkapnya silahkan ANDA Hub:BELIAU

      • PARA TOGELER,YANG INGIN ANGKA YANG BENAR-BENAR JITU DAN BISA MEMBAWA
        ANDA DALAM SEBUAH KEBERUNTUNGAN,SILAHKAN SAJA HUB;
        KI PANGANDARAN DI NO 085=319=486=059,KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ ) SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR, JANGAN ANDA RAGU-RAGU KAMI SUDAH MEMBUKTIKANNYA.TRIMA KASIH….?

        angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

        angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

        angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

        angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

        angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

        angka GHOIB; thailan

        angka GHOIB; macau

        angka ghoib; sidney

  3. Keterpurukan hidup membuat saya melakoni pesugihan di AKI GUNTUR,sebelumnya saya Mendapatkan no hp aki dari teman yang sudah sukses kaya, no hp AKI 085-398-230-167 saran AKI GUNTUR pesugihan yang cocok untuk saya adalah Bank GHAIB, di waktu itu tanpa banyak perhitungan saya ikuti petunjuk dari aki ,saya sudah sangat bingung dengan hutang yang beratas-ratus juta. Untung saja ada aki GUNTUR yang membntu melalui syareatnya. Saya serahkan umur 1 hari saya untuk ritual ini . pada malam pelaksanaan ritual saya merasa sesuatu yang sangat asing,. Karna merasa tak kuat kemudian saya coba melelapkan diri, entah sadar atau tidak saya melihat sosok makhluk tinggi besar yang memberikan saya kain hitam yang berisi uang 50-100rbuan yang sangat banyak setelah benar-benar sadar saya memeriksa kotak hitam yang telah saya persiapkan sebelumnya atas perintah AKI ,dan dengan sangat terkejut saya melihat kotak tersebut penuh dengan uang 50-100ribuan sampai ratusan lembAr banyaknya , tanpa ada rekayasa saya membuat kesaksian ini karna semua ini benar-benar saya alami. SUMPAH DEMI ALLAH DAN ATS NAMA KELUARGA Saya ucapkan ribuan terimkasih kepada AKI ,saat ini hutang saya telah lunas dan saya tlah memiliki tokok emas yang lumayan besar . sekali lagi saya ucapkan terimakasih yang sangat besar kepada AKI GUNTUR dan keluarga.

  4. saya sudah pusing dan gampir bunuh diri tp saya baca iklan di internet dan saya coba menghubungi eyang Keramat,awalnya saya ragu dan bimbang tp saya punya keyakinan dan kemauan saya mencoba mengikuti pesugihan Gunung Bromo,alhamdulillah sekrang sayatidak dihina lagi hutang2 saya semua sudah lunas dan saya sudah mempunyai rumah sendiri,sekarang saya sudah memiliki usaha warung kecil2lan,berkat bantuan eyang Keramat,mau seperti sy silahkan langsung hub 082394738283 demi Allah kalau saya berbohong.

  5. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!

  6. Selamat Datang di SITUS resmi dewa togel
    Izinkan kami membantu anda
    semua dengan Angka ritual Kami..
    Kami dengan bantuan Supranatural
    Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
    Mengagumkan…Bisa Menerawang
    Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
    Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
    Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
    dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!
    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
    Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
    dengan sangat Membutuhkan
    Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
    OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
    dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

    Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
    berada Di blog yang sangat Tepat..
    Kami akan membantu anda semua dengan
    Angka Ritual Kami..Anda
    Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
    Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
    Hasil Ritual Dari DEWA TOGEL 2D,3D,4D
    di jamin Tembus 100% silahkan:
    Hub :(082-316-555-388)

  7. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA
    MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA
    DAN SAYA HIDUP BERSAMA SUAMI YANG SAKIT-SAKITAN DAN 3 BUAH
    HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK
    PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,
    SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG
    UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH
    CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..
    AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK
    PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK
    PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT
    PUTUS ASAH AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
    MEMBERIKAN NOMOR KYAI DWOO,,SAYA PIKIR TIDAK
    ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK
    MENGHUBUNGI KYAI DEWO DAN AKHIRNYA KYAI DEWO MEMBERIKAN
    ANKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..
    KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN
    KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,
    DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA KYAI DEWO SETIAP
    SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN
    BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI KYAI DEWO DI NO:085293577799 ATAU KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s