Galeri

Tempat Tinggal Gua Paling Menakjubkan di Dunia

Ingatkah Anda dengan salah satu karakter Gaara dalam animasi Naruto? Gaara tinggal di negara dimana penduduknya hidup dirumah yang terbuat dari tanah dan memiliki gua-gua didalamnya. Ternyata kondisi demikian pernah juga dirasakan oleh pendahulu-pendahulu kita diberbagai belahan dunia. Tempat tinggal gua ditemukan diberbagai kawasan di bumi.
Gua-gua ini diperlakukan sebagai rumah dan sebagai tempat persembahyangan yang biasanya terkombinasi dalam strukturnya. Setelah kawasan gua metropolitan ditinggalkan, strukturnya menjadi hancur dan tidak terpelihara, namun tidak semua gua ditinggalkan begitu saja. Di kawasan utara Cina, tempat tinggal gua masih menjadi rumah bagi lebih dari jutaan manusia.

Matmata

Matmata

Matmata merupakan desa kecil di wilayah selatan Tunisia. Beberapa penduduk yang bertetanga dengan Berber ini tinggal di tempat tinggal bawah tanah yang konvensional. Gua ini terbentuk dari galian lubang yang sangat besar ditanah. Kemudian disekitar tanah yang mengelilingi lubang itu dibuat ruangan-ruangan sebagai kamar. Rumah gua seperti ini dibuat untuk rumah Lomaz Skywalker yang terkenal beserta paman dan bibinya. Hotel Sidi Driss merupakan penginapan yang wajib dikunjungi jika ingin menikmati sensasi bertempat tinggal ala Star Wars.

Bamiyan

Bamiyan

Bamiyan adalah tempat dimana dua patung Buddha raksasa yang terukir di samping tebing dan dibuat pada abad ke-6. Sebenarnya karya ini merupakan patung yang berdiri kokoh tertinggi di dunia sebelum dihancurkan oleh Taliban pada tahun 2001. Tempat tinggal gua yang berada di kaki patung yang hancur tersebut pada masa lampau merupakan tempat ribuan para biksu tinggal namun kemudian menjadi tempat dimana para Taliban menyimpan senjatanya. Setelah Taliban mundur dari kawasan tersebut, para penduduk mulai menggunakan gua-gua yang ditinggal tersebut sebagai rumah mereka.

Guyaju

Guyaju