Galeri

Ini Dia 3 Tips Teratas untuk Mengingat Sesuatu

img
(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Tak semua orang memiliki kemampuan untuk mengingat sesuatu dengan baik. Bahkan banyak yang percaya kemampuan seperti itu layaknya sebuah bakat karena hanya orang-orang tertentu yang memilikinya. Untuk mengatasinya, para ilmuwan telah menemukan berbagai cara untuk menjaga memori Anda dan memudahkan Anda mengingat sesuatu.

Sama halnya dengan tips-tips di bawah ini. Ketiganya baik untuk melatih kemampuan memori jangka pendek maupun panjang Anda dan direkomendasikan langsung oleh pakarnya. Untuk lebih jelasnya, simak ketiga tips yang dikutip dari MSNBC, Senin, (18/6/2012) berikut ini.

1. Perhatikan Lawan Bicara Anda
Anda hanya membutuhkan waktu sekitar delapan detik untuk fokus secara intens dan memproses sepotong informasi ke dalam memori Anda, ungkap pakar mental dan penulis buku The Six Keys to Unlock and Empower Your Mind, Marc Salem.

Jadi pastikan Anda tidak sedang SMS-an atau memeriksa akun Facebook ketika Anda sedang diperkenalkan kepada seseorang ataupun perlu mengingat sesuatu. “Jika Anda mudah terganggu, pilihlah tempat yang tenang dimana Anda takkan merasa terganggu,” tambahnya.

2. Buatlah Gambar di Pikiran Anda
Otak Anda didesain untuk mengingat hal-hal visual, tandas Gary Small, MD, penulis buku The Memory Bible. Jadi larutkan diri Anda dalam konteks percakapan yang Anda lakukan seperti pakaian yang dikenakan lawan bicara Anda, karakteristik wajah atau tubuhnya dan suasana lokasi dimana Anda dan si dia berbincang.

“Konteks itu sendiri bisa memberikan lebih banyak informasi yang berharga,” lanjut Small. Semua petunjuk ini dapat membantu Anda menyusun potongan informasi jika suatu hari nanti Anda diminta untuk mengingat atau menjelaskannya kembali.

3. Ceritakan Kisah Anda Sendiri
Dengan menggunakan petunjuk kontekstual yang telah Anda kumpulkan, buatlah sebuah kisah tentang informasi yang coba Anda ingat-ingat tersebut. Anda bisa menggunakan 2 cara: Anda mencoba mengulang-ulang setiap kata agar terpatri ke dalam memori Anda atau Anda menghubungkan kata-kata itu dengan sebuah cerita. (Contohnya, profesor menunjuk dengan pensil sebuah gambar seorang biarawati yang sedang menggambar boneka beruang yang sedang makan sup dengan temannya yang makan pisang.)

Semakin Anda membuat kisah yang emosional (seperti dengan menghubungkan nama orang asing dengan salah satu nama anggota keluarga Anda) maka semakin besar kemungkinan Anda untuk bisa mengingatnya dengan baik, pungkas Small.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s